Upacara Hari Amal Bakti ke 74

(03/01) Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar Upacara Hari Amal Bakti yang ke 74 dengan Tema “Umat Rukun, Indonesia Maju”. Upacara ini dilaksanakan di halaman Kantor Kementrian Agama dan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur Drs. H. M Taufiq Mukri, SH.,MM.

Dalam Kesempatan ini Taufiq Mukrie membacakan amanat Mentri Agama yang berisi 6 poin yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Kemenag RI. Yang pertama, seluruh pegawai harus memahami sejarah Kemenag beserta regulasi, tugas dan fungsi dalam konteks relasi agama dan negara.

Kedua, menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan. Ketiga, tanamkan kata bekerja adalah ibadah, dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan.

Ke empat, perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintahan, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat.

Ke lima, seluruh jajaran Kemenag RI harus busa merangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama yang sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.

Dan terakhir, seluruh pegawai harus bisa mengimplementasikan visi dan misi pemerintah ke dalam program kerja Kemenag, baik itu pada unit kerja pusat, daerah maupun perguruan tinggi kementrian agama.

Dalam upacara ini, 16 pegawai Kemenag Kotim yang sudah bekerja selama 10 tahun mendapatkan penghargaan berupa Satya Lencana Perunggu. Selain itu ada juga kegiatan pembagian tali asih dan pemberian penghargaan prestasi tingkat provinsi dan nasional untuk siswa-siswi madrasah tahun 2019.